Unborn 8.0 Red Pointer 7 Penambangan Emas Terbesar | On The 7U Stars
Latest Me Galaxy:
Home » » 7 Penambangan Emas Terbesar

7 Penambangan Emas Terbesar

Emas masih dianggap sebagai instrumen investasi yang bisa diandalkan, apalagi di tengah situasi ekonomi global yang labil seperti sekarang ini. Emas bisa jadi safe haven investasi, tidak seperti instrumen lain yang fluktuasinya cukup banyak.
Tambang-tambang emas pun bertebaran di seluruh dunia. Korporasi-korporasi dunia berlomba-lomba mengeruk emas dari dalam bumi demi memuaskan permintaan konsumen dan meraup untung banyak.
Tapi, tahukah Anda di mana tambang emas terbesar di dunia berada?
1. Grasberg, Indonesia
Tambang emas terbesar dari jumlah cadangan dan produksi tahunan ini terletak di bagian paling timur Indonesia. Produksi tambang yang dioperasikan oleh Freeport ini mencapai 1,444 juta ounce.
Selain emas, tambang ini juga menghasilkan tembaga yang merupakan terbesar ketiga di dunia.

2. Cortez, AS
Satu lagi tambang emas Barrick di Nevada. Tahun 2011 lalu, produksinya mencapai 1,421 juta ounce emas. Tambang ini terdiri dari tiga operasi, yaitu Pipeline, South Pipeline dan Cortez Hills.
Pipeline dan South Pipeline merupakan tambang terbuka, sementara Cortez Hills masih dalam tahap konstruksi untuk penambangan bawah tanah. Cortez merupakan tambang emas tertua di Nevada, yang sudah mulai beroperasi sejak 1862.

3. Yanacocha, Peru
 
Peru masuk lagi ke daftar ini, kali ini melalui tambang emas Yanacocha yang dioperasikan Newmont di wilayah Cajamarca. Sampai saat ini, tambang tersebut sudah memproduksi emas senilai lebih dari US$ 7 miliar. Tahun 2011 lalu, produksi emasnya mencapai 1,293 juta ounce.

4. Goldstrike, Amerika Serikat (AS)
Tambang emas di AS pertama yang masuk daftar ini. Dioperasikan oleh Barrick di Nevada, tambang ini punya produksi sebanyak 1,088 juta ounce di 2011.
Tambang ini terletak di Carlin Trend yang sudah terkenal sebagai distrik kaya emas di Western Hemisphere. Di lokasi ini penambangan dilakukan dengan dua cara, yaitu tambang terbuka dan bawah tanah.

5. Veladero, Argentina
Barrick masuk lagi daftar ini atas operasinya di tambang Veladero yang terletak di San Juan, Argentina. Ini merupakan tambang terbuka yang punya produksi 957.000 ounce di 2011. Hingga Desember 2012 lalu, cadangan emas yang ada di tambang tersebut diperkirakan mencapai.
6. Vaal River, Afrika Selatan
Satu lagi tambang emas bawah tanah yang dioperasikan Anglogold Ashanti. Komplek tambang ini terdiri dari tambang Great Noligwa, Kopanang, Moab Khotsong, dan beberapa operasi lain yang ada di permukaan tambang. Produksinya mencapai 831.000 ounce di 2011.

7. West Wits (South Africa)
The West Wits gold mining operation adalah operasi tambang terdalam. The Western Wits terdiri dari tiga tambang yaitu Mponeng, poros Savuka dan Tambang Tautone yang merupakan tambang terdalam di dunia. Pada tahun 2011, The Western Wits ini menghasilkan 792.000 ons emas dari mana 244.000 ons yang dihasilkan dari tambang Tautona. Seluruh The Western Wits yang terdiri dari tiga tambang emas milik AngloGold Ashanti.

By : U Stars
Share This Article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : You Galaxy | Blogger Content | Blogsposts
Copyright © 2013. U Stars - All Rights Reserved
Powered by Blogger Redesign Me Galaxy